Banyak orang mengabaikan fungsi loteng yang terkadang hanya difungsikan sebagai gudang tempat menyimpan barang-barang yang tidak terpakai lagi. Namun, kamu dapat mengubah manfaat loteng bukan hanya sekadar sebagai gudang melainkan menjadi sebuah ruangan.

Bayangkan akan sangat menyenangkan jika tinggal di loteng yang awalnya gudang menjadi ruangan yang nyaman ditempati. Kamu dapat mengubah fungsinya menjadi ruangan, seperti: kamar tidur, ruangan keluarga, kantor mini atau ruang kerja. Untuk mengubahnya, kamu perlu berkonsultasi dengan jasa kontraktor atau dapat juga mempelajari cara berikut ini.

1. Perhatikan Kontruksi Atap Gudang

Untuk mengubah fungsi loteng dari yang sebelumnya gudang menjadi ruangan yang bisa ditempati adalah dengan cara memperhatikan kontruksi atapnya.

Oleh karenanya, kamu perlu berkonsultasi dengan jasa kontraktor. Adapun yang perlu dikosultasikan mengenai konstruksi atap gudang ini adalah sebagai berikut.

  • Periksa apakah ada jarak yang memadai antara tinggi atap loteng dengan kepalamu saat kamu berdiri. Hal ini untuk mengecek batas aman kemiringan atap.
  • Perhatikan ketinggian plafon, pastikan plafon loteng rumahmu memiliki tinggi yang tidak kurang dari 2,5 meter.
  • Cek juga material konstruksi atap dan pastikan apakah perlu diganti atau tidak.

2. Melakukan Proses Pembongkaran Plafon

Cara selanjutnya adalah proses pembongkaran plafon. Tujuan dari pembongkaran plafon ini adalah supaya lantai kuat menahan beban saat kita beraktivitas menggunakan ruangan tersebut.

Selain itu, tujuan pembongkaran lainnya adalah agar lantai kuat menahan isi ruangan, seperti furnitur atau perabot lainnya. Oleh karena itu, sangat disarankan menggunakan  penutup lantai yang terbuat dari material ringan, seperti kayu atau bahan vynil.

3. Periksa Sirkulasi Udara

Periksa sirkulasi udara di loteng, karena pada umumnya loteng tidak memiliki sirkulasi udara yang baik apalagi jika loteng tersebut bekas digunakan sebagai gudang penyimpanan barang.

Nah, masalah sirkulasi udara ini, kamu bisa berkonsultasi dengan jasa kontraktor terlebih dahulu. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai sirkulasi udara di loteng adalah sebagai berikut.

  • Apakah perlu ditambah jendela supaya udara dapat masuk dengan teratur.
  • Perlukah menambah skylight di atas atap agar ruangan menjadi lebih terang.
  • Perhatikan juga material yang akan digunakan untuk mempercantik ruangan, seperti apakah akan menggunakan polyurethane, glass wool, lapisan genteng atau aluminium foil.

 

4. Perhatikan Tangga Menuju Loteng

 

Hal yang satu ini dinilai penting, yaitu memperhatikan tangga menuju loteng karena berkaitan dengan akses naik turun menuju ruangan nantinya.

Untuk memudahkan akses naik turun menuju ruangan ini, kamu harus memperhatikan peletakkan tangga. Pastikan letak tangga tidak mengganggu aktivitas di ruangan bawah supaya nyaman.

5. Pemilihan Furnitur yang Akan Digunakan

Cara terakhir yang perlu diperhatikan dalam mengubah gudang menjadi ruangan yang nyaman untuk ditempati adalah memperhatikan furnitur yang akan digunakan nantinya.

Dalam pemilihan furnitur ini, kamu harus memeriksa luas loteng dan berat furnitur. Jika luas loteng tidak terlalu besar, sebaiknya gunakan furnitur yang multifungsi. Selain itu, pilihlah furnitur yang ringan agar lantai loteng tidak menahan beban yang terlalu berat.

Nah, tersebut adalah 5 cara untuk mengubah manfaat loteng sebagai gudang menjadi ruangan yang lebih berguna. Kamu bisa mengaplikasikan 5  cara tersebut dengan baik.

5 Cara Mengubah Manfaat Loteng Sebagai Gudang Menjadi Ruangan yang Lebih Berguna

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *