Floor Hardener

Floor hardener merupakan cara memadatkan dan mengeraskan beton hingga kokoh dan memperpanjang usia beton. Cara ini umum dilakukan di banyak proyek baik perumahan, jalan raya, atau proyek industri. Tindakan pengerasan beton dipandang sangat tepat karena kemudahan dan efisiensi dalam pelaksanaanya untuk mendapatkan hasil beton yang maksimal. Meski dalam pengerjaannya ada metode dan jenis floor hardener yang berbeda, namun secara umum bahan floor hardener yang sering digunakan berupa powder dan coating. Kedua jenis bahan floor hardener ini berbeda bentuk dan pengerjaan, tetapi menghasilkan tingkat kekerasan yang kurang lebih sama. Bahan floor hardener berbentuk coating (cair) biasa digunakan untuk proyek floor hardener yang relatif kecil dan sempit, serta untuk melapisi beton atau permukaan semen agar lebih kuat. Sedangkan bahan floor hardener powder (bubuk) lebih banyak digunakan untuk proyek besar dan area yang luas seperti jalan raya, lahan parkir, gudang, instalasi militer, atau landasan pacu pesawat. Dibutuhkan jasa floor hardener yang berpengalaman untuk mendapatkan hasil beton yang rata, rapi, juga halus.

Jasa untuk floor hardener tidak bisa dipisahkan dengan proyek pembangunan beton itu sendiri. Seseorang tidak bisa memesan floor hardener untuk menguatkan dak beton di rumahnya yang telah dibangun lama. Karena metode floor hardener haruslah bersamaan dengan pembangunan beton itu sendiri. Artinya seseorang yang memutuskan membangun dak beton atau beton lainnya juga harus menyiapkan dana tambahan untuk proses floor hardener ini. Tetapi jangan khawatir, karena bahan floor hardener tidak semahal yang dibayangkan. Saat ini harga floor hardener sikamerek floor hardener yang banyak dipakai, telah kompetitif seiring dengan semakin banyaknya merek floor hardener yang beredar di pasaran.

Mengenal Material dan Peralatan Pengerjaan Floor Hardener

Pada proyek pengaplikasian floor hardener pada beton sering menggunakan peralatan yang sama dengan proyek pembangunan beton karena proses pengerjaannya bersamaan.Tetapi secara umum peralatan para pelaku jasa floor hardener umumnya sama atau kurang lebih sama.

1. Floor Hardener (Powder atau Coating)

Floor Hardener

Floor hardener berbentuk powder biasa digunakan saat pembangunan beton masih basah atau lembab. Hal ini ditandai dengan penekanan jari pada permukaan beton hingga membentuk cekungan kecil pada permukaan beton tersebut. Sedangkan floor hardener coating (cair) biasa digunakan untuk penambalan atau pengerasan beton di tempat yang sempit. Floor hardener cair juga umum digunakan untuk melapisi permukaan beton yang mengelupas atau retak agar kembali kokoh. Merek yang beredar saat ini cukup banyak di pasaran dengan harga bersaing termasuk harga floor hardener sika.

2. Curing Compund

Curing Compund

Curing compound berarti bahan yang digunakan untuk menjaga elastisitas beton saat menuju proses pengeringan. Idealnya beton tidak boleh langsung kering sebab hal ini akan membuat beton menjadi getas dan mudah hancur. Proses pengeringan beton haruslah berangsur-angsur secara perlahan. Untuk menghindari pengeringan secara cepat sebenarnya bisa dilakukan dengan menutupi permukaan beton dengan kain basah. Tetapi jika area beton terlalu luas maka diperlukan curing compound.

3. Trowel

trowel

Peralatan terakhir yang digunakan adalah trowel yang berfungsi untuk meratakan sekaligus menghaluskan permukaan beton. Untuk beton dengan area sempit mungkin masih bisa menggunakan trowel tangan yang umum digunakan tukang bangunan. Tetapi jika area beton sangat luas maka dibutuhkan besin trowel yang mampu bekerja cepat.

Mengenal Peralatan Pengerjaan Floor Hardener

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *